30 Des 2010 | By: lilie

Transfer Data Menggunakan Gelombang Suara

Yamaha baru-baru ini mengumumkan pihaknya tengah mengembangkan dan menguji cara memanfaatkan gelombang suara sebagai sarana untuk mengirim data antar perangkat. Perangkat yang mengeluarkan suara seperti TV dan radio nantinya dapat mengirim informasi melalui sinyal suara berfrekuensi tinggi pada perangkat tertentu seperti iPhone.

Ini bisa dilakukan menggunakan sinyal suara dengan frekuensi tinggi 18KHz, yang dapat dihasilkan oleh berbagai perangkat audio yang beredar saat ini.

Teknologi telah diuji oleh perusahaan Yamaha di Jepang menggunakan iPhone yang dilengkapi aplikasi khusus, sehingga memungkinkan ponsel mengambil siaran audio kemudian diterjemahkan menjadi suatu URL untuk melakukan browsing web.

Pada tahap awal, kecepatan data pada teknologi ini masih sangat terbatas yaitu 80bps. Namun, kecepatan tinggi untuk Infosound bukan segalanya, karena teknologi ini dirancang agar perangkat audio dapat mengirim data berupa informasi tambahan bagi pengguna.

Infosound bisa dikirim melalui sinyal frekuensi yang disisipkan kedalam suara siaran broadcast yang kemudian diterjemahkan oleh smartphone, sehingga pengguna memperoleh penjelasan rinci mengenai kelompok musik yang sedang mereka dengarkan maupun mengenai film yang mereka saksikan. Teknologi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengirim tayangan iklan.

Menurut Yamaha, teknologi ini tidak terpengaruh oleh suara bising, sehingga pengguna tidak perlu menyesuaikan posisi speaker mereka. Sedangkan jarak efektifnya sekitar 10 meter agar teknologi bisa berfungsi dengan baik. Sayangnya belum ada informasi pasti, kapan teknologi ini akan menghampiri setiap ruang keluarga.