10 Des 2010 | By: lilie

Seribu Manfaat Buah Kiwi

Boleh dibilang buah kiwi itu unik dan istimewa. Seribu manfaat bisa kita dapat dengan mengkonsumsinya. Kandungan zat gizi buah kiwi bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, mencegah kerusakan sel, mencegah penuaan dini, mempertahankan kesehatan saluran cerna, menjaga kadar gula darah dan memiliki kepadatan nutrisi tinggi dibanding buah-buahan lainnya.
Salah satu nutrisi penting dalam buah kiwi adalah vitamin C. Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi dibanding pepaya, mangga, jeruk, nanas, pisang atau apel. Mengonsumsi dua buah kiwi sehari mencukupi lebih dari kebutuhan harian vitamin C untuk orang dewasa. Sebab, kandungan vitamin C nya dua kali lebih tinggi dibandingkan yang terkandung dalam jeruk dengan perbandingan berat yang sama. Karena kandungan vitamin C nya yang tinggi, buah kiwi disebut memiliki antioksidan yang kuat.
Vitamin C yang berasal dari buah kiwi dapat diserap oleh jaringan tubuh lebih cepat dari pada sebelumnya yang diduga. Karena itu, buah kiwi merupakan sumber yang baik karena dapat memenuhi asupan vitamin C harian yang diperlukan seseorang, dan bersifat natural yang mudah diserap tubuh.
Vitamin C bersifat sebagai antioksidan karena membantu mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi. Proses oksidasi yang mempercepat proses penuaan, penyebab penyakit kanker dan penyakit jantung disebabkan oleh asap rokok, polusi yang tinggi dan metabolisme tubuh yang rendah.
Buah kiwi juga memiliki kandungan antioksidan lainnya seperti mikronutrien dan vitamin E yang tertinggi dibandingkan buah lainnya.  Dengan sering mengonsumsi buah kiwi dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan stress oksidatif. Buah ini juga kaya akan kalium, asam folat dan serat. Kandungan vitamin E buah kiwi dua kali lebih banyak dibandingkan alpukat. Buah kiwi juga memiliki Indeks Glisemik yang paling rendah sehingga aman bagi penderita diabetes.