11 Des 2010 | By: lilie

Fakta Tentang Buah Tomat

Masih ingat dengan iklan produk susu di televisi yang menggambarkan adegan seorang ibu lagi menemai anaknya bermain, kemudian sang anak bertanya pada ibunya; “Tomat itu sayur atau buah?” dan ibunya pun hanya diam saja tak menjawab pertanyaan putranya. Bukannya bermaksud iklan akan tetapu tahukah Anda bahwa tomat memiliki banyak mafaat bagi tubuh kita dan selayaknya kita memasukan tomat sebagai sumber diet kiat.
Gak Percaya nih beberapa fakta tentang buah tomat:
Tomat itu buah atau sayur? Percaya atau tidak tomat adalah buah dan bukanya sayur seperti yang diyakini kebanyak orang saat ini.
Tomat berasal dari Amerika Selatan dan pertama kali di tanam di meksiko dan dibawah olh Columbus ke benua Eropa, itulah mengapa sampai sekarang banyak masakan Italia yang menggunakan pasta tomat.
Sumber vitamin dan antioksidan yang murah. Tahukah Anda bahwa tomat merupakan sumber likopena, vitamin A, dan vitamin C. Zat-zat ini adalah salah satu jenis antioksidan yang dapat melindngi kita terhadap efek radikal bebas terhadap keruskan sel. Diet dengan antioksidan tinggi membuktikan dapat meurunkan beberapa resiko penyakit berbahaya.
Pelindung prostate, colon, dan pancreas. Jurnal Nutrisi menyebutkan bahwa likopena dari tomat membantu menurunkan resiko kita terhadap kanker prostate, colon dan pancreas.
Sumber fiber. Tomat adalah sumber fiber/ serat yang baik yang dapat meregulasi kadar gula darah dan tingkat kolesterol dalam tubuh.
Tomat ada dalam berbagai warna. Seperti halnya warna pelangi maka tomat terdapat dalam berbagai macam warna dari hijau, merah, orange, kuning bahkan ungu.
Nah bagaimana Anda dapat mengkonsumsi tomat?
  • Sebagai makanan misalnya dijadikan salad.
  • Sebagai saus tomat untuk pasta dan sebagainya.
  • Minuman dalam bentuk jus tomat.
Nah sekarang “Dare To Eat Tomat” kan?