30 Des 2010 | By: lilie

Assange Wikileaks Buat Biographi Untuk Jaminan Hukum


Dihadapkan dengan kewajiban membayar jaminan hukum, Julian Assange bersedia menulis autobiografi pribadinya dengan kesepakatan mencapai 1.5 juta USD. Pendiri situs kontroversial Wikileaks ini kepada Sunday Times Inggris menyatakan terpaksa menulis buku autobiografi karena telah menghabiskan 325.000 pound atau sekitar 501.000 USD untuk membayar jaminan hukum dan ia harus membela diri agar Wikileaks tetap bertahan.

Kepada Time, Assange menyatakan ia akan menerima 796.645 USD dari Alfred A Knopf yang merupakan penerbit asal AS. Kesepakatan dengan Canongate penerbit asal Inggris akan memperoleh 325.000 pound atau sekitar 501.000 USD. Sementara uang yang dihasilkan dari pemasaran buku secara global serta edisi buku akan menghasilkan total pendapatan paling tidak 1.5 juta USD.

Saat keluar dengan jaminan di Inggris, Assange kemudian diburu oleh otoritas Swedia untuk dimintai keterangan atas tuduhan pelecehan seks terhadap seorang wanita asal Swedia.

Para pendukung Assange percaya bahwa tuduhan hanya dibuat-buat sebagai cara untuk membungkam dirinya, yang dilakukan untuk mengikuti keinginan pemerintah AS yang marah karena dokumen rahasia pemerintah dan militer mereka dipublikasi oleh Wikileaks.