25 Okt 2010 | By: lilie

Tips Tangan Tetap Muda

Salah satu bagian tubuh yang bisa menunjukkan usia kita adalah tangan. Karena tangan terus menerus terkena sinar matahari. Inilah yang menyebabkan efek penuaan pada kulit tangan.

Kulit tangan lebih tipis dibandingkan kulit pada wajah. Hal itulah yang membuatnya lebih rentan terhadap proses penuaan. Berikut adalah 5 tips mudah untuk menjaga tangan Anda agar tampak muda dan halus.

1. Kelupas kulit lapisan atas.
Sama seperti Anda mengelupas kulit wajah, Anda perlu mengelupas lapisan atas kulit tangan untuk mendapatkan kulit segar pada lapisan bawah. Di rumah, Anda dapat menggunakan kristal microdermabrasi atau satu sendok teh gula dikombinasikan dengan minyak kelapa dioleskan ke tangan Anda. Hal ini akan membuat kulit Anda terlihat halus dan lembut. Anda juga dapat mengoles jus lemon segar ke tangan Anda.

2. Gunakan pelembab dengan SPF 15 setiap hari. Bahkan di waktu musim dingin.
Sinar matahari menyebabkan kerusakan kolagen yang menyebabkan kulit keriput dan tipis. Jika Anda menemukan pelembab dengan SPF, gunakan setiap hari secara teratur. Dengan cara ini Anda mengganti kelembaban dan melindungi tangan Anda.

3. Gunakan sarung tangan.
Setiap kali Anda mencuci piring, pastikan untuk mengenakan sarung tangan. Gunakan krim kental, seperti aquaphor, minyak zaitun, atau minyak kelapa pada sarung tangan Anda, untuk menjaga kelembaban. Juga, Anda dapat menggunakan masker wajah pada tangan Anda.

4. Gunakan laser untuk bintik-bintik coklat dan kulit longgar.
Bintik-bintik atau bercak coklat adalah tanda penuaan. Untuk menghilangkan bercak coklat, cara terbaik adalah dengan menggunakan laser, seperti fraxel atau laser YAG. Perawatan dengan laser ini membantu merangsang produksi kolagen, sehingga kulit lebih tebal.

5. Samarkan pembuluh darah Anda.
Untuk kulit tipis, pembuluh darah di tangan Anda dapat terlihat menonjol. Hal ini dapat diatasi dengan perawatan scelortherapy. Akibatnya, pembuluh darah akan mati dan menyusut.(Sheknows/SHA)