5 Okt 2010 | By: lilie

Tips Kuatkan Tulang

Puncak massa tulang dicapai ketika seseorang berusia 30 tahun. Setelah itu massa tulang akan menurun, bahkan penurunannya meningkat hingga 5 persen per tahun setelah menopause. Agar hal itu tak terjadi, cobalah tiga langkah berikut untuk membantu menjaga kepadatan tulang.

1. Minum produk susu dan olahannya

Selain karena kaya akan kandungan kalsium yang berguna untuk mempertahankan kekuatan tulang, produk susu dan olahannya yang rendah lemak akan membantu Anda kenyang lebih lama. Konsumsi setidaknya dua porsi produk susu serta olahannya setiap hari, misalnya segelas susu dan 200 gram yogurt atau dua lembar keju. Bila Anda sudah mengalami menopause, tingkatkan asupannya hingga tiga kali sehari.

2. Lakukan latihan kekuatan

Untuk membantu menguatkan, tulang membutuhkan aktivitas yang melibatkan hentakan atau kekuatan. Coba lakukan aktivitas hentakan tinggi seperti joging, aerobik, atau lompat tali.

3. Asup karoten lebih banyak

Karotenoid, yaitu pigmen antioksidan yang terdapat pada sayur berwarna kuning, jingga, merah, dan hijau tua, membantu mengenyahkan penurunan tulang terkait dengan usia. Studi di Amerika Serikat menemukan bahwa asupan tinggi karoten, terutama likopen yang banyak terkandung dalam tomat berwarna merah, dapat melindungi perempuan usia lanjut dari risiko penurunan kepadatan tulang belakang.