25 Okt 2010 | By: lilie

Rahasia Jantung sehat

Ingin memiliki jantung yang sehat dengan cara alami? Anda cukup melakukan empat langkah mudah untuk mendapatkan jantung yang sehat. Yayasan Jantung Amerika melaporkan bahwa sekitar delapan juta perempuan di AS saat ini hidup dengan penyakit jantung. Banyak faktor yang berkaitan dengan penyakit jantung seperti merokok, konsumsi alkohol, aktivitas fisik, dan obesitas. Berikut empat tips untuk membantu mencegah penyakit jantung:

1. Pelajari CPR (Cardiopulmonary resuscitation)
Tahukah Anda bahwa CPR sangat efektif pada penderita serangan jantung karena hal ini dapat menyelamatkan kehidupannya. CPR dapat mepertahankan hidup seseorang sampai 80 persen.

2. Batasi alkohol
Meskipun alkohol dapat menurunkan risiko penyakit jantung, tetapi minum terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan gagal jantung atau stroke, kontribusi trigliserida yang tinggi, jantung berdebar-debar, obesitas, alkoholisme, bahkan bunuh diri dan kecelakaan. Minumlah satu atau dua kali per hari untuk kesehatan jantung yang optimal.

3. Berjalan santai
Jalan santai merupakan cara sederhana untuk memelihara jantung sehat. Berjalan kaki 30 menit dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda serta menangkal obesitas, diabetes dan osteoporosis.

4. Kurangi makanan berlemak
Konsumsi makanan yang digoreng, dipanggang dan margarin berlebih dapat meningkatkan kolestrol jahat (LDL) dan menurunkan kolesterol baik Anda (HDL). Menghindari makanan berlemak dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.(Sheknows/AYB) Liputan6.com