20 Jul 2010 | By: lilie

asam urat dan Pengobatannya

Tips kali ini saya berhubungan dengan penyakit bapak saya yang kena Asam Urat dan sedikit juga Kolesterol. Nah kalau lagi kumat asam uratnya tuh, biasanya persendian bapak entah itu kaki di engselnya, atau di lututnya tau di jempolnya pada bengkak kek kesleo dan sakit banget katanya. Kalau gak kaki ya larinya entar ke persendian tangan, di engselnya sih biasanya. Nah kalau udah gitu lagi, bapak saya suka jalannya pincang (kalau kena kaki), bahkan pernah gak bisa jalan sama sekali, sampe nglesot jalannya.

Satu hal yang saya ketahui, asam urat selalu berkaitan dengan makanan yang dimakan bapak. Kalau keseringan makan gorengan (dan minyakknya itu bukan minyak non kolesterol aka minyak curah) pasti deh kumat tuh asam urat. Makan makanan dari ketan juga entar kumat deh tuh asam urat. Makan kangkung, makan kubis, kebanyakan juga bisa kumat lagi tuh. Pokoknya pantangan makannya banyak.

Nah kalau lagi mau kumat, alias lagi mau nyeri or sedikit nyeri di persendian, sekarang bapak saya punya jurus ampuh mengatasinya. Bapak saya nglinting dan menguyah daun BIAHONG (pokoknya nyebutnya gitu, saya gak tahu nama ilmiahnya), dan setelah itu selang satu dua hari makan dan nglinting serta menjaga pola makan akhirnya reda sudah juga tuh nyeri karena asam urat. he he he… Jangan lupa tinggal dipetik daunnya, dicuci pake air bersing, langsung deh dimakan mentah2. Itu sih cara bapak saya..